Powered By Blogger

Jumat, 31 Agustus 2012

macam-macam maintenance

MACAM-MACAM MAINTENANCE
MAINTENANCE
By : Syamarianto (rhyan_choe)

Pengertian Maintenance
Maintenance jika diartikan dalam bahasa Indonesia ialah pemeliharaan. Namun sampai saat ini masih banyak orang yang meganggap maintenance itu adalah perawatan. Karena banyak yang menganggap perawatan dengan pemeliharaan itu sama, namun pada kenyataannya sangatlah berbedah antara perawatan dan pemeliharaan.
Perbedaan Antara Pemeliharaan dan Perawatan.
Pemeliharaan dan perawatan tidaklah sama, dimana pengertian dari pemeliharaan yaitu tindakan yang dilakukan terhadap suatu alat atau produk agar produk tersebut tidak mengalami kerusakan, tindakan yang dilakukan yaitu meliputi penyetelan, pelumasan, pengecekan pelumas dan penggantian spart-spart yang tidak layak lagi. Sedangkan pengertian perawatan yaitu suatu tindakan perbaikan yang dilakukan terhadap suatu alat yang telah mengalami kerusakan agar alat tersebut dapat digunakan kembali. Kesimpulannya yaitu pemeliharaan dilakukan sebelum suatu alat/produk mengalami kerusakan dan mencegah terjadinya kerusakan, sedangkan perawatan yaitu dilakukan setelah suatu alat mengalami kerusakan(perbaikan).

Macam-Macam Pemeliharaan
1. Preventive Maintenance
Preventive Maintenance merupakan tindakan pemeliharaan yang terjadwal dan terencana. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masalah-masalah yang dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen/alat dan menjaganya selalu tetap normal selama dalam operasi.
Contoh pekerjaan tersebut adalah:
Melakukan pengecekan terhadap pendeteksi indikator tekanan dan temperatur, atau alat pendeteksi indikator lainnya. apakah telah sesuai hasilnya untuk kondisi normal kerja suatu alat. Membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada alat/produk (debu, tanah maupun bekas minyak), Mengikat baut-baut yang kendor , Pengecekan kondisi pelumasan.
Perbaikan/mengganti gasket pada sambungan-sambungan flange yang bocor atau rusak.



2. Predictive Maintenance
Predictive Maintenance merupakan perawatan yang bersifat prediksi, dalam hal ini merupakan evaluasi dari perawatan berkala (Preventive Maintenance). Pendeteksian ini dapat dievaluasi dari indikaktor-indikator yang terpasang pada instalasi suatu alat dan juga dapat melakukan pengecekan vibrasi dan alignment untuk menambah data dan tindakan perbaikan selanjutnya.


3. Breakdown Maintenance
Breakdown Maintenance merupakan perbaikan yang dilakukan tanpa adanya rencana terlebih dahulu. Dimana kerusakan terjadi secara mendadak pada suatu alat/produk yang sedang beroperasi, yang mengakibatkan kerusakan bahkan hingga alat tidak dapat beroperasi. Contoh kerusakan tesebut pada pompa adalah:
Rusaknya bantalan karena kegagalan pada pelumasan
Terlepasnya couple penghubung antara poros pompa dan poros penggeraknya akibat kurang kencangnya baut-baut yang tersambung. Macetnya impeller karena terganjal benda asing.


4. Corrective Maintenance
Corrective Maintenance merupakan pemeliharaan yang telah direncanakan, yang didasarkan pada kelayakan waktu operasi yang telah ditentukan pada buku petunjuk alat tersebut. Pemeliharaan ini merupakan ”general overhaul” yang meliputi pemeriksaan, perbaikan dan penggantian terhadap setiap bagian-bagian alat yang tidak layak pakai lagi, baik karena rusak maupun batas maksimum waktu operasi yang telah ditentukan.




Dalam menentukan kebijaksanaan maintenance, umumnya terdapat 2 jenis maintenance, yaitu sebagai berikut.

Planned (preventive) maintenance.
Breakdown (corrective) maintenance

Preventif Maintanance
Kegiatan preventive maintenance bertujuan untuk mengurangi kemungkinan cepat rusak dan kondisi mesin selalu slap pakai. Caranya adalah sebagai berikut.
Patrol/Regular Preventive Maintenance Inspection
Kegiatan maintenance yang dilaksanakan dengan cara memeriksa setiap bagian mesin secara berpatroli dan berurutan sesuai dengan schedule.
Major Overhaul (turun mesin)
Kegiatan maintenance yang dilaksanakan dengan mengadakan pembongkaran menyelurah dan penelitian terhadap mesin, serta melakukan penggantian suku cadang yang sesuai dengan spesifikasinya.
Untuk memudahkan melaksanakan maintenance maka kegiatan maintenance yang dilakukan sebaiknya berdasarkan:
Sistem work order atau work order system merupakan kegiatan maintenance yang dilaksanakan berdasarkan pesanan dari bagian produksi maupun dari bagian-bagian lain.
Check list system merupakan daftar atau schedule yang telah dibuat untuk melakukan kegiatan maintenance dengan cara pemeriksaan terhadap setiap mesin secara berkala.
Rencana kerja triwulan, yaitu kegiatan maintenance yang dilaksanakan berdasarkan pengalaman atau berdasarkan catatan sejarah mesin, misalnya kapan suatu mesin harus dirawat atau diperbaiki.
Work order atau Surat perintah memuat tentang:
apa yang harus dikedakan;
siapa yang menger akandanbertanggungjawab,
alat-alat yang dibutuhkan serta macamnya;
waktu yang dibutuhkan untuk menger akan pekedaan pemeliharaan tersebut dan kapan waktu penyelesaiannya.
Preventive maintenance bertujuan agar hal-hal berikut terjamin.
a) Keamanan mesin dan operator (tenaga maintenance).
b) Kelancaran mesin.
c) Mutu produksi.
d) Kebersihan mesin dan lingkungan sekitarnya.
Keempat hal tersebut bermuara pada mutu produk yang primer sesuai rencana.
a. Keamanan Mesin dan Operator (nnaga Maintenance)
Untuk setiap mesin yang terdapat di dalam pabrik sudah ada ketentuan mengenai karakteristik mesin tersebut.
Misalnya: temperatur air, angin, dan oli tidak boleh melebihi standar yang sudah ditentukan. Untuk operator harus memperhatikan alat-alat pengaman yang terdapat di dalam setiap mesin

b. Kelancaran Mesin
Pemberian minyak pelumas secara teratur dan pemeriksaan mesin sert4 peralatannya secara berkala, bertujuan agar dapat menj aga kelancaran mesin sehingga proses produksi dapat ber alan lancar.
Untuk setiap mesin yang ada sudah dipasang suatu alai kontrol untuk mengetahui keadaan minyak pelumas harus ditambah. Penggantian minyak pelumas dilakukan berdasarkan j am kerja mesin atau hasil analisis minyak
di laboratorium

c. Mutu Produksi
Menjaga mutu produksi bertujuan untuk selalu dapat memenuhi standar mutu utama dengan menekan tingkat kerusakan produk serendah mungkin. Hal ini dilakukan dengan cara mempertahankan tingkat produktivitas kerja dan selalu memenuhi spesifikasi kerja yang telah ditentukan serta ketelitian dan kecermatan yang didukung oleh tekad dan kemauan kerja yang tinggi. Untuk mencapai mutu produksi tersebut bagian maintenance akan menjaga agar pabrik tetap dapat beroperasi secara efisien dengan menghindari (mengurangi) hambatan sekecil mungkin sehingga produk dapat diserahkan kepada langganan tepat pada waktunya (delivery date yang tepat). Untuk setiap mesin dibuat suatu hasil persentase kerusakan. Misalnya, untuk kerusakan produk di bagianfinishing adalah 10% dari 60% yang ditargetkan
(sasaran).

d. Kebersihan Mesin dan Lingkungan Sekitarnya
Lantai sekitar mesin harus bersih dari lumuran minyak yang berlebihan pada waktu melaksanakan pelumasan serta dari sampah yang berserakan. Hal ini untuk menghindari tedadinya kecelakaan bagi pekeda (operator) serta menciptakan kenyamanan bekerja. Kebersihan mesin dijaga dengan cara membersihkan mesin tersebut serta diadakan
pengecatan kembali.
Dalam melaksanakan kegiatan maintenance, bila perlu ada penambahan jam ker a. Biasanya penambahan jam ker a dilakukan pads hari Minggu serta hari-hari libur lain yang dikenal dengan overtime.
Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu (libur), yaitu preventive maintenance, yakni kegiatan berikut ini.
Pelumasan atau penggantian oli.
Perbaikan terencana.
Penggantian spare part (suku cadang).
Pembongkaran serta penelitian mesin.
Pada hari kerja, kegiatan preventive maintenance dan breakdown (cor­rective) maintenance dilaksanakan dengan porsi sebagai berikut.
80% roting dan breakdown maintenance.
20% preventive maintenance.
Untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan preventive maintenance dibuat suatu jadwal sebagai berikut.
a) Mendistribusikan kegiatan secara merata dalam skala waktunya dengan memperhatikan frekuensi kegiatan.
b) Menggunakan check list dengan instruksinya untuk dipakai sebagai pedoman oleh petugas maintenance, serta untuk keseragaman pelaksanaan dan pengecekan.
c) Perawatan pencegahan dilakukan tepat waktu, kecuali mesin sedang diperbaiki karena kerusakan atau sedang dibongkar (overhaul).
d) Perawatan pencegahan dilakukan menurut jadwal tertentu, yaitu hal-hal kecil yang tidak mengganggu jadwal produksi.
Contoh: Perawatan pencegahan (preventive maintenance) untuk mesin Banbury, dikepada check list yang memuat instruksi, sebagai berikut.
· Periksa kondisi dan kebocoran dust stop searing.
· Periksa kebocoran Racin Hyd. Unit.
· Periksa bolt-bolt door top and lacth cyl.
· Periksa Mc. Cord lubricator pump.
· Periksa kebocoran angin pada ram packing dan line pipa-pipa angin.
· Periksa kebocoran pada line pipa pendingin.
· Batch off mill, periksa kondisi mill knife dan kebocoran angin.
· Periksa kondisi roll-roll, pillow block bearling, convbelt, gearbox, coupling, sprocket, dan rantai pads: loading, scale, charging, crooss over conveyor.
· Periksa panborn traverse motor blower, drive chain, steel cable, mo­tor coupling screw.


MAINTENANCE
TUJUAN BELAJAR
Umum
Peserta dapat mengetahui kegiatan-kegiatan dan peralatan di workshop maintenance.
TUJUAN MAINTENANCE
Program Maintenance bertujuan untuk:
  1. Melakukan perawatan dan pemeliharaan peralatan produksi sehingga selalu berada dalam kondisi daya guna efektif.
  2. Melakukan perawatan peralatan produksi dengan biaya seekonomis mungkin.
  3. Melakukan modifikasi peralatan produksi sebagai improvement dalam mencapai standar kualitas yang lebih baik.
Maintenance dapat dikelompokkan atas tiga bagian yaitu preventive maintenance, predictive maintenance, dan breakdown maintenance.
PREVENTIVE MAINTENANCE
Preventive maintenance merupakan maintenance rutin yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan sebelum usia pakai (life time) peralatan tersebut berakhir. Preventive maintenance biasanya didasarkan pada jam operasional peralatan. Jenis-jenis preventive maintenance dapat dikelompokkan atas:
Oiling
Oiling adalah tindakan pemberian oli terhadap komponen-komponen bergerak, penggunaan oli pada umumnya untuk bagian-bagian peralatan yang tertutup seperti gearbox. Pemberian oli terdiri dari penggantian dan penambahan. Jenis oli yang digunakan setiap peralatan tidak ada yang sama tergantung pada kondisi kerja peralatan tersebut.
Untuk kondisi kerja dengan temperatur tinggi seperti turbin digunakan oli Turbo T46, sedangkan untuk hydrolic power pack dan hydrolic system lainnya menggunakan oli Turalik 52 atau Oli Meditran SAE 10.
Greasing
Merupakan proses penambahan dan penggantian grease, biasanya menggunakan alat berupa pompa grease (pispot). Grease digunakan untuk bearing, bushing dan poros.
Penggantian
Penggantian spare part rutin dilakukan sesuai dengan rancangan awal peralatan tersebut, sesuai dengan usia pakainya. Penggantian spare part tersebut untuk menjamin optimalisasi kerja unit secara keseluruhan. Seperti penggantian filter pada mesin diesel.
Penyetelan
Penyetelan dilakukan untuk mengembalikan peralatan ke kondisi semula, sehingga kerja peralatan tersebut tetap optimal. Seperti penyetelan kerenggangan rotor bar dengan ripple plate pada unit ripple mill sesuai dengan efisiensi peralatan tersebut, penyetelan damper separating colomb, secondary separating colomb dan LTDS.
PREDICTIVE MAINTENANCE
Predictive maintenance bertujuan untuk mengetahui lebih dini kemungkinan terjadinya kerusakan pada suatu unit. Dengan diketahuinya kondisi peralatan tersebut dapat dilakukan tindakan untuk mencegah peralatan tersebut breakdown pada saat beroperasi yang dapat menyebabkan terjadinya stagnasi proses produksi. Predictive maintenance terdiri dari merger tester, vibro tester, thickness tester.
  1. Merger tester digunakan untuk mengetahui tahanan isolasi dari electromotor, bila tahanan isolasi electromotor rendah perlu dilakukan serlak ulang, hal ini akan dapat mencegah electromotor terbakar.
  2. Vibro tester berfungsi untuk mengetahui getaran suatu peralatan seperti bearing, jika getarannya telah melebihi standar maka perlu dilakukan penggantian atau penambahan grease jika masih memungkinkan.
  3. Sedangkan thickness meter berfungsi untuk mengetahui ketebalan suatu unit dan laju keausan suatu peralatan sehingga dapat direncanakan penggantiannya.
BREAKDOWN MAINTENANCE
Breakdown maintenance merupakan perbaikan yang dilakukan pada suatu unit yang terhenti operasinya akibat kerusakan pada alat tersebut. Pada dasarnya breakdown maintenance sangat tidak diinginkan, karena akan mengganggu proses produksi. Oleh karena itu preventive maintenance dan predictive maintenance perlu untuk dioptimalkan.
PENGANTAR  ISO 9001
ISO 9001 adalah standar internasional yang diakui untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM). SMM menyediakan kerangka kerja bagi perusahaan anda dan seperangkat prinsip-prinsip dasar dengan pendekatan manajemen secara nyata dalam aktifitas rutin perusahaan untuk terciptanya konsistensi mencapai kepuasan pelanggan.



Jenis-Jenis Pemeliharaan
Jenis-Jenis Pemeliharaan
    Di bawah ini akan di jelaskan beberapa dari macam-macam pemeliharaan (maintenance), yaitu:
1. Preventive Maintenance
   Adalah kegiatan pemeliharan dan perawatan yang di lakukan untuk mencegah timbulnya kerusakan-
   kerusakan yang tidak terduga, dan menemukan kondisi kerusakan pada waktu di gunakan. Dalam
   prakteknya preventive maintenance yang di lakukan oleh suatu perusahaan dapat di bedakan:
   a. Continue maintenance adalah kegitan pemeliharaan dan perawatan yang di lakuakan rutin. contohnya
       membersihkan fasilitas atau peralatan, pelumasan, pengecekan oli, pengecekan isi bahan bakar
       pemanasan.
   b. Periodic maintenance adalah kegiatan pemeliharaan dan perawatan yang di lakukan secara periodic atau
       dalam jangka waktu tertentu.
2. Corecttive Maintenance
    Adalah pemeliharaan yang di lakaukan setelah terjadinya suatu kerusakan atau kelainan pada fasilitas
    atau   peralatan sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Perawatan ini merupakan pemeliharaan dan
    tidak di jadwalkan dan biasa terjadi.
3. Improve maintenance
      Adalah suatu perawatan peningkatan dipakai bila dilakukan modifikasi pada peralatan sehingga 
    kondisinya meningkat dengan tujuan agar kerusakan tersebut tidak terulang dan mampu beroperasi sampai
    masa kerjanya (lifetime) tercapai.
4. Breakdown Maintenance
        Jenis perawatan ini hanya bisa di lakaukan apabila mesin samasekali mati karena ada kerusakan atau 
    kelainan dan tidak mungkin dapat di operasikan. Untuk dapat memperbaikinya maka prinsip kerja dari
    peralatan yang bersangkuta harus dapat di kuasai. Dengan di kuasainya prinsip kerja peralatan tersebut
    maka diagnosa terhadap kerusakan dapat di lakukan dengan cepat dan tepat.
Sifat Breakdown dapat di bedakan menjadi:
•    Sporadic, yatu breakdown yang terjadi mendadak, dramatis atau kerusakan – kerusakan alat yang yang
      tidak terduga, breakdown maintenance jenis ini bisa terjadi dan mudah di tanggulangi.
•    Kronis, yaitu minor breakdown tetapi frekuensi kejadiannya tinggi. Breakdown jenis ini sering di abaikan
      atau di lupakan setelah beberapakali usaha pengulangan yang gagal. Breakdown akan menyebabkan
      beberapa kerugian baik yang langsung maupun yang tidak langsung:
•    Kerugian langsung mencangkut biaya perbaikan, biaya pencegahan, kerugian cacat produk, dan lain
      sebagainya.
•    Kerugian tidak langsung mencakup penurunan produksi, merosotnya moral karyawan, menurunkan atau
      merusak citra perusahaan

28 komentar:

  1. SANGAT 2 BERMANFAAT ...MAENTENANCE

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. lengkap terperinci, sangat bermanfaat, semoga bertambah ilmunya. izin copy gan untuk bahan belajar saya sendiri.

    BalasHapus
  4. Apakah Anda memerlukan bantuan dari BANDAR TOGEL 4D? Jangan khawatir, para ahli kami memberikan daftar bandar togel terpercaya yang dapat anda gunakan secara gratis.

    Bandar togel 4d merupakan sebuah situs yang beroperasi menyediakan daftar agen bandar togel terpercaya yang dapat di gunakan sebagai acuan tempat bertaruh togel 4d.

    Kami memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun sebagai Toto Slot4D. Kami berkomitmen untuk menyediakan daftar bandar togel terpercaya kepada seluruh pecinta game togel, dan kami selalu melampaui harapan Anda.

    BalasHapus
  5. Situs slot online merupakan jenis permainan game online yang sangat mudah dimainkan oleh banyak orang. Oleh karena itu, di jamannya era global yang semakin tinggi ini membuat para member tidak merasa kesusahan dalam memanfaatkan teknologi ini. Karena itulah daftarkan diri anda hanya di obor138 di link bwh ini.
    obor138
    obor 138
    obor 138 slot
    obor138 slot
    obor138 slot login
    obor 138 slot login
    situs slot online
    slot online
    slot online obor138
    situs slot gacor obor138
    obor138 link alternatif
    obor 138 link alternatif
    obor138 login
    obor 138 login
    obor138 daftar
    daftar obor138
    obor 138 daftar
    daftar obor 138

    Daftarkan diri anda sekarang! TUNJANG SAMPAI TUMBANGGGG!!!!!!

    BalasHapus
  6. Di Obor 138 slot gacor kami pastinya tetap aktif selama 24 non - stop untuk menjaga kenyamanan para bettors dari kendala masalah yang muncul tiba - tiiba tanpa adanya sebab. Oleh karena itu kami selalu siap membantu anda dimanapun dan kapanpun jika adanya masalah yang terjadi tanpa membuat anda gelisah.
    situs slot gacor

    BalasHapus
  7. Opsi provider game slot online terpercaya yang disediakan oleh situs website obor138 slot ialah provider dengan mutu terbaik dengan tampilan game yang bagus dan modern. Provider itu mencakup Microgaming, PG Soft, Spadegaming, Pragmatic Play, Habanero, Toptrend Gaming, Slot88, Playstar, Joker, CQ9, BBIN, BBP, BNG, serta yang lain-lain. Cuma dengan deposit 50.000 ribu rupiah serta sistem bisnis yang gampang memakai transfer Bank Indonesia ataupun dompet digital E-Wallet, anda bisa menikmati semua opsi game slot online dengan win rate besar ialah 98% serta pastinya sediakan beraneka ragam tambahan jackpot sensational dengan jaminan gampang claim.
    slot judi online terbaik dan terpercaya OBOR138

    BalasHapus
  8. Tentunya para penjudi yang bermain di situs slot online obor 138 untuk mendapatkan kemenangan. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang harus diperhatikan oleh anda saat bermain di obor 138 slot.
    judi slot 138 online

    BalasHapus
  9. Banyak jenis permainan game slot online yang ada di situs judi online slot gacor hari ini pastinya akan membuat anda binggung untuk memilih permainan mana saja yang lagi gacor. Maka dari itu, Obor138 akan memberikan arahan kepada anda untuk memainkan game slot gacor sehingga mudah memenangkan hadiahnya.
    obor138 link alternatif

    BalasHapus
  10. Obor 138 Slot Gacor Terbaru Hari Ini terpercaya dengan bonus terbaik. jika anda bergabung jadi member bisa memperoleh bermacam- macam provit menarik. situs slot online terbaik memperkenalkan metode sistem deposit melalui e-wallet dan transfer bank yang memberi anda kemudahan dalam memainkan seluruh game dengan satu akun saja buat bermain game slot online. gabung sekarang supaya anda memperoleh banyak keuntungan, dengan bermain serta mengumpulkannya bisa membuat anda jadi kaya dalam waktu singkat

    BalasHapus
  11. keuntungan yang bisa anda dapatkan apabila anda join bersama situs slot obor 138 online terbaik dan terpercaya di indonesia. anda akan memperoleh banyak promo menarik yang bisa anda dapatkan ialah: promo new member 100%, bonus cashback, bonus referral juga bonus turn over dan masih ada lagi lainnya. anda juga bisa memperoleh hadiah jackpot terbesar dengan presentasi kemenangan yang tinggi maka dari itu jangan tunggu lagi, cepatlah anda bergabung di situs Obor 138 login slot online yang paling sering memberikan anda keuntungan jackpot

    BalasHapus
  12. sebelum anda mulai bermain permainan judi slot online gacor yang sering memberikan bukti kemenangan, tidak banyak langkah langkah proses yang hendak anda lakukan. anda hanya mengaksesnya di situs slot online gacor hari ini hanya dengan melaksanakan pendaftaran yang berada di situs slot online obor 138 terbaik dan terpercaya memberikan hadiah jackpot terbesar

    BalasHapus
  13. Jangan sampai ketinggalan!!! ayo cepat gabung dan daftar diri anda sekarang juga agar anda tidak ketinggalan dengan penawaran segala bonafit deposit E-wallet, transfer bank mendapatkan bonus promo new member 100% untuk member baru ikut bergabung. segala provit dan bonus ataupun jakcpot terbesar bisa anda dapatkan dengan mudah di situs slot obor 138 online terbaik dan terpercaya.

    BalasHapus
  14. Anda mencari slot online yang memberikan keuntungan banyak?inilah kesempatan Anda bisa memainkan permainan judi slot online terbaik dan terpercaya obor138 di mana saja anda berada, sangat banyak penawaran menarik yang ditawarkan setiap harinya. maka dari itu, untuk daftar situs judi slot online terpercaya ini sangatlah dibutuhkan dan banyak orang mencarinya setiap harinya, Seperti Situs SLOT OBOR 138 dan tentunya itu memiliki bermacam- macam game slot online terbaik, dan juga disertai kumpulan situs judi slot online terpercaya.

    BalasHapus
  15. banyak keuntungan yang bisa anda dapat bila memainkan game slot online di situs game slot online Obor 138 terbaik dan terpercaya di indonesia tentunya anda pasti ingin mendapatkan keuntungan yang besar. Agen situs judi slot online terbaik memberikan keuntungan pada saat anda main slot online. inilah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan di situs slot online Obor 138 sebagai berikut Layanan Customer Service aktif selama 24 jam, Membagikan bonus tambahan saat main slot online, mempunyai server canggih juga berkualitas,langkah-langkah deposit yang lengkap juga memberikan banyak promo menarik untuk anda nikmati.

    BalasHapus
  16. Provit besar bisa anda dapatkan jika memainkan game slot online di situs Obor138 slot online terbaik dan terpercaya di indonesia dengan pelayanan cs online 24 jam, memberikan bonus provit setiap main slot, memiliki server canggih, metode deposit yang komplit dan masih banyak lagi lainnya dijamin anda berkenan dengan hadiah jackpot yang sensational.
    obor 138 login

    BalasHapus
  17. sudah hadir situs game slot obor 138 online terpercaya yang disenangi banyak orang menawarkan banyak hadiah besar juga memberikan fasilitas terbaik di indonesia.
    obor 138 login
    game slot online

    BalasHapus
  18. sistem keamanan yang dimiliki Obor 138 slot online terpercaya mempunyai program keamanan yang terbaik, maka itu semua keamanan serta kenyamanan anda dalam main judi slot online pasti aman, dan data diri anda bakal terpelihara dengan cara selektif oleh teknologi enkripsi informasi. anda juga bisa mengakses situs kami pada mesin pencarian Google karena telah teruji keasliannya dengan banyak member yang telah membuktikannya.
    agen slot online
    situs slot online

    BalasHapus
  19. Hanya situs Obor 138 slot online terpercaya yang mampu memenuhi keinginan anda semua. Tidak hanya terpercaya, betting dalam OBOR138 tergolong rendah loh! Jadi dapat dipastikan bahwa anda akan semakin nyaman dalam bermain game slot online.
    judi slot 138 online
    situs slot gacor
    obor138 link alternatif

    BalasHapus
  20. OBOR138 sebagai situs judi slot online terpercaya mempunyai Customer Service (CS) yang sangat profesional dengan pengalaman melayani selama bertahun-tahun terlatih dalam melakukan transaksi seperti Deposit dan Withdram yang hanya memakan waktu kurang dari 3 menit saja.
    slot 138 online
    obor 138 slot gacor
    obor 138 slot gacor terbaik dan terpercaya
    obor138 slot judi online terbaik dan terpercaya

    BalasHapus
  21. Obor 138 slot terpercaya di indonesia telah menyediakan Minimal deposit yang terjangkau untuk seluruh pemain hanya Rp.50.000 saja anda telah dapat memainkan permainan slot online dengan tingkat kemenangan besar bisa anda nikmati serta memperoleh banyak promo yang menarik ayo mainkan sekarang juga.
    slot gacor

    BalasHapus
  22. OBOR138 bisa menjadi tempat hiburan yang menarik sekaligus juga bisa merasakan sensasi permainan yang seru juga sangat menguntungkan dalam finansial.
    situs obor 138
    obor 138 link alternatif

    BalasHapus
  23. Mulai sekarang, Anda sudah bisa bermain judi online di dalam situs slot online terbaik seperti OBOR 138. Pastinya anda akan merasa senang ketika bermain di obor 138. Dikarenakan anda bisa bermain dengan nyaman dan santai.
    obor 138
    obor 138

    BalasHapus
  24. Melalui judi slot online, semuanya bisa anda mainkan lewat salah satu situs judi yang telah menjalinkan kerja sama dengan penyedia permainan OBOR 138. Jenis - jenis permainan judi slot online dengan provider yang telah terkenal di dunia, seperti Pragmatic Play, PG Soft, MicroGaming, beserta Habanero dan tentu tidaklah asing lagi didengar oleh para bettors judi slot online. Permainan game yang dikembangkan oleh mereka tentunya merupakan permainan game slot judi online tergacor dan selalu menjadi pilihan bagi para bettors judi di situs slot online seluruh dunia.
    obor 138
    obor 138

    BalasHapus
  25. Pilih slot dengan volatilitas yang sesuai: Volatilitas mengacu pada seberapa sering slot membayar hadiah dan seberapa besar hadiah yang diberikan. Pilihlah slot dengan volatilitas yang sesuai dengan preferensi Anda. Jika Anda ingin memenangkan hadiah kecil secara konsisten, pilih slot dengan volatilitas rendah. Jika Anda menginginkan hadiah besar, pilih judi slot gacor dengan volatilitas tinggi.

    BalasHapus